Gunung Gede Pangrango

Aku bersama delapan temanku; wahyu; sandi, fadli, rizki, jefri, rasyid, futuh dan fajrin berencana mendaki gunung Gede Pangrango. Berangkat pukul 14.00 dari kampus, kami menggunakan mobil angkot yang bersedia untuk disewa. Akhirnya tibalah kami di pintu taman Cibodas yang juga merupakan gerbang menuju kaki gunung tersebut.
Pendakian dimulai pukul 19.00. Kami bersembilan mulai menyusuri jalan setapak yang akan mengantarkan kami pada Sang puncak. Tapi sayangnya, kami harus beristirahat pada pukul 22.30. Hal ini harus kami lakukan mengingat sebagian teman-teman kami sudah lelah dan mengantuk, walaupun sebenarnya pendakian kami baru sampai setengah perjalanan. (Sabtu, 8 Okt 11).

Pagi nya kami meneruskan pendakian. Sampailah kami di tempat wisata pemandian Air Terjun Panas. Bagi saya hal ini sangatlah baru. Bagaimana tidak, seumur-umur saya baru kali ini melihat air terjun yang mengalir panas dengan indahnya. Kami tentu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kami mengambil gambar dengan gaya narsis yang ada..hehe, biasa anak muda. Setelah itu kami melanjutkan pendakian dan 30 menit kemudian sampailah kami pada tempat persinggahan Kandang Batu. Di tempat ini, kami mendirikan tenda dan memasak nie sebagai makan favorit. Di deket tempat ini juga, kami sempat mandi air hangat yang berasal dari air belerang asli gunung.

Pukul menunjukkan angka 12.15. Kami merapihkan tenda dan kembali bersiap-siap melanjutkan pendakian. Perjalanan pun dilanjutkan dan satu setengah jam kemudian kami sampai di persinggahan Kandang Badak. Disini kami melihat banyak pendaki dari kelompok lain yang terlihat sibuk merapihkan tenda mereka. Diantara mereka ada yang berasal dari UI, IPB dan juga dari Trisakti. Mereka juga ada yang berprofesi sebagai peneliti dan lain lain. Jam 15.00 kami mendirikan tenda sebagai basecamp kami. Setelah itu kami shalat asar dan beristirahat untuk memulai pendakian ke puncak Gunung Gede besok paginya (Ahad, 9 Okt 11).

Jam 3.00 kami sengaja bangun untuk sholat maghrib, isya dan (ada sebagian yang sholat) tahajjud. Kami menilai hal ini tidak apa untuk dilakukan karena pada saat itu air di gunung memank sangat dingin sekali. Dulu saya juga sempat merasakan dinginnya air yang seperti es itu ketika di gunung merbabu dan merapi. Setelah sholat tersebut, kami menunggu datangnya waktu shubuh sambil memasak air untuk buat mie dan menyeduh kopi.

Waktu shubuh pun datang dan kami segera menunaikannya. Setelah itu kami langsung bergegas melanjutkan pendakian menuju puncak Gunung Gede (2934 DPL). Jika kami dapat meraik puncak pada jam enam pagi itu, maka kami akan mendapatkan Sunrise View yang sangat indah. Tapi sayangnya kami tidak mendapatkan pemandangan tersebut karena kami datang sampai puncak pada pukul 7 sampai 7,30.

Walaupun kami tidak mendapatkan Sunrise View, kami masih dapat menikmati keindahan alam sekitar dari puncak Gunung Gede “Subhanallah, Subhanallah, Subhanallah”। Tidak berenti kalimat itu terucap walau dalam hati। Sungguh besar ciptaan-Nya, sehingga semakin memantapkan bahwa manusia begitu kecil bagi-Nya. Kami berfoto ria disana, 1 jam setelah itu kami kembali ke tenda untuk bersiap-sipa pulang ke sentul. Jam 10 kami sampai di tenda untuk bersiap-siap pulang। Setelah beres semuanya, kami turun gunung selama kurang lebih 4 jam। Ternyata turun gunung lebih nikmat dari pada naiknya…he।

Di tengah perjalanan pulang hujan gerimis lumayan cukup lebat. Teman-teman saya lalu membuka mantel mereka masing-masing, berbeda dengan saya yang hanya menggunakan daun pisang. But no problem, hujannya Cuma sebentar ternyata turun hujannya. Setelah sampai pos perizinan pada jam 13.30, kami mengambil barang titipan dan juga melapon ke bagian penjaga pintu bahwa kami telah selesai pendakian dan ingin pulang. (Senin, 10 okt 11)
NB. Walopun saya dipuncak hanya bisa moto-moto, tetapi saya tidak melewatkan untuk mencari bunga edelweis yang sering disebut sebagai bunga abadi. Lumayan lah walo ngak dapet bunganya, tetapi saya dapet daunnya (pengennya sih daun itu diberikan untul someone special, tapi bingung yak..huhu