Sungkai Utara


Sabtu 19 November lalu, sebuah mobil meluncur dari kecamatan Kotabumi ke daerah Sungkai Utara. Sebuah daerah pemukiman para transmigran luar sumatra yang pindah ke Pulau Andalas pada zaman pemerintahan Soeharto dulu. Dalam mobil itu ada tujuh orang. Sang supir, Ayahku, Egi dan bapaknya, aku sendiri, Pak Qadirun dan Diki. Tujuan kami tidak lain hanya untuk mengukur beberapa petak tanah yang akan dibuatkan sertifikat oleh bapakku.

Seingatku ada 4 petak tanah yang akan diukur pada hari itu. 2 petak di sungkai utara, 1 di depan terminal simpang propau, dan 1 petak lagi aku lupa tempatnya. Dari keempat petak tanah yang diukur itu aku menjadi tau banyak hal. Tanah yang akan dibuatkan sertifikat haruslah tanah yang bebas dari konflik (salah satunya bukan tanah r).  Banyak kasus yang terjadi di daerah transmigran yaitu status nya tanah r. Untuk mensiasati masalah ini, Undang-Undang Pokok Agraria dan Peraturan Pemerintah terkait masalah pertanahan sangatlah penting. 
Sesuai prosedurnya, tanah yang akan dibuat sertifikat harus disepakati batas-batasnya oleh pemilik tanah samping kanan-kirinya. Jika telah disetujui, maka akan dibubuhkan tanda tangan oleh masing-masing pemilik tanah diperbatasan objek yang akan disertifikatkan. Danjuga batas tanah harus dicatat dengan alat GPS yang akurat, agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari. Data-data tanah yang telah tercatat itu selanjutnya akan dikonfirmasikan ke pusat data di BPN Pusat.
Aku pun mengetahui bahwa pekerjaan mengukur tanah bukanlah sesuatu yang gampang. Butuh kesabaran ekstra tinggi untuk melakukannya. Perselisihan kecil antar stakeholder, terik panas matahari, akses jalan yang sulit dan lainnya merupakan hal yang mau tak mau harus dihadapi. Dan Ayahku telah melakukan hal itu sedari dulu. Aku pun berfikir, betapa manjanya jika pemuda saat ini tidak ingin bekerja keras, padahal teknologi telah membuat hidup menjadi amat sangat mudah. Thanks for ur motivate my father, i do love u..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: