end of year 2011


sabtu kemaren gw dihadapkan dengan 2 pilihan cukup sulit : ikut acara kelas ei (bakar2 di perum griya) atau acara mahagana (ikut penyuluhan masyarakat di desa sebelah atas leuwiliang).
mmm..sesuatu yg bener2 trade off itu, akhirnya gw memilih ikut ke leuwiliang..
dengan pertimbangan gw bakal bisa ketemu temen2 baru diluar kampus + mempelajari bagaimana cara kerja organisasi luar kampus + pengalaman baru..hehe

singkat cerita,siang itu jam 1 gw berangkat dr kosan ma parsono ke IPB, sampe disana sekitar jam 2-an. eh, taunya temen2 mahanaga dah berangkat lebih dulu ke TKP. mau nggak mau gw ma parsono harus nyusul ke leuwiliang naek motor..cape beud dah, padahal niat awalnya tuh gw cuma berangkat naek motor ke ipb, titip motor disana trus ikut naek angkat deh dsambil duduk manis… eh taunya ditinggal rek-rek.
akhirnya gw sampe di tempat tujuan sekitar jam 5, lama beud kan..huft. itu karena nungguin temen2 yang laen, maksud gw temen2 yang kesasar pas perjalanan ke lokasi. sambil liat2 keadaan desa, gw ma parson langsung ke pak RT buat laporan kalo anak2 mahagana dah dateng di lokasi–istilahnya kulonuwun (bahasa jawa). tujuannya agar kita nggak disangka semena2 masuk desa orang kalo tanpa izin, dan juga agar komunikasi dengan warga setempat lebih lancar.
jam 18.00 WIB, datenglah waktu sholat maghrib. kami sholat, setelah itu ngobrol2 bareng sambil kenalan antar anggota di teras majlis..jam 19.15 WIB kami sholat isya, disambung briefing tentang bagaimana tekhnis penyuluhan yang akan dilakukan pada Ahad pagi + ungkapan uneg2 dari seluruh anggota tentang organisasi ini (mahagana). alahamdulilah malam itu gw pun angkat bicara, dengan memberi saran khususnya ttg :

1. reformasi organisasi internal mahagana
2. hal-hal apa yang sekiranya dapat mengikat anggota mahagana secara batin
3. dan bagaimana agar komunikasi tidak terputus antar anggota mahagana.

acara selanjutnya setelah penyampaian uneg2 adalah having fun. untuk ikut menyambut tahun baru 2012 ni ada dua pilihan yang disodorkan wat jalan ke daerah sekitar, ke gunung butbut desa atas. hal yang ditonjolkan di gunung butbut, disana ada semacam danau kecil buatan peninggalan Belanda zaman dulu. dan sebenarnya di desa atas nggak ada sesuatu yang menarik, hanya saja disana terhampar tanah cukup luas dan nampak jelas pemandangan dataran tinggi pada malam hari..mmm, indah beud deh. palagi pas itu malam pergantian tahun baru..🙂
akhirnya pilihan temen2 mayoritas ke desa atas. gw berangkat duluan ma parsono, abdulrahman ma fiqih meninggalkan temen2 laen. sesampenya di desa atas, 4 manusia itu saling curhat tentang masalahnya masing2, sambil nyalain api unggu. tapi yang paling buat gw bingung curhat mereka condong ke masalah pribadi antar anggota mahagana yang dibawa2 ke organisasi sehingga berpengaruh buruk terhadap kinerja organisasi..inilah sebenarnya masalah besar bagi organisasi, keretakan internal lama2 bisa menyebabkan  ‘mahagana’ bubar !!

gw pribadi sih nggak ngurus ttg masalah mereka. gw tetep ja sibuk untuk buat api unggun buat bakar jagung sambil nungguin jam 12.00 WIB. batinku, pasti indah banget pemandangan malem ni. pemandangannya percis kayak di puncak bogor. bedanya, keadaan di puncak rame dipenuhin orang, tapi di desa atas ini hanya ada sekitar 25 orang (anggota mahagana) dan hawanya juga nggak sdingin di puncak…xixixi.

pukul 12.01 WIB, pergantian tahun pun dimeriahkan dengan kembang api di seluruh bogor. gw melihatnya sendiri tanpa perlu alat bantu. dentuman keras dimana2 menambah keceriaan malam itu. ditambah lagi dengan pemandangan visual seperti itu…tak hentinya gw mengucap,, subhanallah, indah beud ya kalo diliat dari dataran tinggi..mmm. ketika itu, gw berjanji tuk menatap masa depan lebih baik, tak sibuk dengan kenangan masa lalu, baik kenangan buruk ato kenangan manis sekalipun..u’ll past ur hardest life this year only with actions, not with memorizing the past.
karena masalah internal beberapa anggota mahagana, gw ma parson memutuskan pulang ke sentul jam 3 malam itu juga. nggak mw urus gimana jalannya penyuluhan pada hari kedua program. it’s not my bussiness. pokoknya gw dah kasih masukan yang gw sangat bermanfaat wat perbaikan organisasi ini, dan itu tercatat oleh notulensi diskusi ketika briefing. toh, masih ada anggota lain yang mw ikut penyuluhan. kalo ternyata gw di cap nggak punya solidaritas, lantas buat apa gw pusing2 mikirin ide2 dan masukan wat organisasi ini dalam jangka panjang.??
jam 3 balik, jam 4 sampe sentul. w mapir dulu ke penjual nasgor depan sentul resident..laper banget eui, bis tu gw mampir tidur ke kosan parsono karna pasti si rasyid susah dibangunin dari luar rumah kalo gw balik ke cipambuan. unforgetable memorize deh pokoknya, gw yakin nggak kalah seru kalo gw ikut acara kelas IEI di kontrakan encek (griya alam)..😀

my life is my adventure..(proverb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: