Waktu di belahan bumi kita


Tepat seminggu yang lalu teman satu kelasku, Ahmad Nashruddin, pergi ke Dusseldorf, Jerman menghadiri acara keluarganya disana. Lupa memesan oleh-oleh, ku langsung mention dia di akun twitter titip Quran dgn terjemahan bahasa Jerman. Normalnya tipe orang sosialita seperti aku pasti pengen tau apa saja status aktifitas temen-temen di twitter apalagi temen satu kelas yang sedang berada di LN ni. Tanpa sengaja ku mendapati screenshot seperti ini di timeline twitter-nya. Nah, berawal dari SS ini lah postingan kali ni ditulis.

Dari gambar di atas aku baru tau dengan jelas kalo waktu malam di sebuah negara bisa lebih lama dari waktu siangnya. Contoh di negara-negara Eropa, malam nya cuma 6-7 jam dibanding siangnya yang bisa sampe 16-17 jam (ketika summer), padahal di Indonesia malam dan siang sama-sama 12 jam. Perbedaan waktu itulah yang membuat jadwal sholat di satu negara berbeda di negara lain. Bahkan bukan hanya mempengaruhi jadwal sholat tapi juga psikologi, gaya hidup, tradisi dan pola pikir. Nggak percaya .?? nyok kita bahas lebih lanjut.

Di belahan bumi manapun, sehari tu sama durasinya. Nggak di negara barat (NB), timur, utara, selatan semuanya punya 24 jam untuk 1 hari. Tapi ada satu hal yang nggak bisa ditawar, matahari harus terbit di timur dan tenggelam di barat. Mestinya negara timur (NT) lebih maju daripada negara-negara barat karena pagi lebih dahulu mampir di NT, tapi kenyataannya malah berbalik. Sekarang semua orang tau kalo negara barat lebih maju dari pada negara timur. Apakah mungkin karena pengaruh lebih lamanya jam kerja masyarakat NB (gambar di atas) yang mempengaruhi etos kerja atau emank karena dulu revolusi industri berawal di negara barat (Eropa dan Amerika) ??

Kalo dipikir-pikir jauh sih bisa jadi seperti tu. Waktu siang di negara barat (khususnya negara-negara bagian utara) lebih panjang dari waktu malamnya. Sehingga etos kerjanya lebih keras dari masyarakat NT (sekitar garis katulistiwa). Jepang termasuk negara timur yang berada di sebelah utara, sekarang sudah mulai bangkit menaikkan etos kerjanya, mungkin karena jam kerja (waktu siang) memaksa mereka melakukan itu. Terbukti dengan produk-produknya yang siap bersaing di pasar internasional (ex.Toyota, alat berat dan elektroniknya).  Lalu bagaimana dengan Indonesia ?? (sama-sama negara timur dengan jepang yang berbeda jam siangnya). Apakah negara ini sudah mempunyai produk yang siap bersaing di pasar internasional ?

Australia dan Selandia Baru. Kedua negara itu letaknya lebih selatan, tapi kok lebih maju dari Indonesia yak. Padahal waktu siangnya lebih sedikit dari waktu siang di Indonesia. Teori tentang waktu yg dapat mempengaruhi psikologi, gaya hidup, tradisi dan pola pikir agaknya nggak berlaku untuk kedua negara itu.  Aku masih mencari jawaban tentang waktu untuk kedua negara itu.

Oya, aku teringat satu hal. Beberapa minggu yang lalu aku lihat jadwal final Piala Euro 2012 di livescore.com. Ketika itu Spanyol dan Italy akan bertanding pada tanggal 1 juli pukul 8.45 PM (waktu eropa). Sebelum aku paham tentang perbedaan waktu ini, aku beranggapan bahwa pukul 8.45 PM itu sudah masuk waktu malam di seluruh belahan dunia manapun. Nah, ternyata aku baru ngeh. Ternyata jam 8.45 PM tu masih sore untuk daerah negara-negara Eropa (liat gambar).  Indonesia di timur, eropa di barat. Bedanya sekitar 5-6 jam. Nah kalo ada orang yang mau nonton final Euro, maka ia harus rela bangun malem ngidupin tv tgl 2 juli pukul 1.45 AM. Begitulah kira-kira.

Aku pernah mimpi tuk lanjut kuliah s2 di eropa, maksudnya biar kalo ada event-event bola nggak usah repot-repot bangun malem ngorbanin tahajjud buat ngidupin tv (liat bola). Ya semoga aja lah, .. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: