Menulis


Dulu ketika umur gw masih seumuran jagung, sering kepikiran kalo menulis itu susah, hanya bisa dilakukan oleh orang-orang hebat yang punya IQ tinggi dan bawaan lahir. Tiap kali liat buku-buku tebel di toko-toko buku ama di perpus sekolah, rasanya nggak bakalan bisa nulis sampe jadi buku yang tebelnya ratusan lembar gitu terlebih lagi kalo inget background ortu yang emang nggak pernah nulis.

Nggak cuma pas seumuran itu gw pikir, sampe sekarang pun gw masih bisa bilang kalo menulis tu susah-susah (gampang). Kudu bisa milah-milah kata, harus teratur dan yang nggak kalah pentingnya, tulisan juga harus terorganisir dan mengalir supaya pembaca enjoy pas ngebaca tulisan.

Mengalir ? Hello bro, sebelumnya gw ngerasa banget kalo gw tu tipe orang yang kaku. Yah, You know what I mean with “kaku”, I guess. Orang kaku biasanya suka to the point, langsung ke inti permasalah kalo lagi ngomong ato pas lagi nyampein pendapat, tanpa indroduction/permulaan/muqoddimah. Jadi ya kadang-kadang si pendengar ato pembaca juga kurang bisa ngikutin alur dan maksud pembicaraan/tulisan gw.

Gw masih inget tahun kemaren pas nulis skripsi, yang mana tu syarat wat dapetin gelar sarjana di STEI Tazkia. Percaya ato nggak, skripsi gw tebelnya nggak kayak mahasiswa laen. Biasanya tebel skripsi kisaran 100 lembar keatas, lah skripsi gw bab 1-5 cuma 46 halaman. Gw apal banget jumlah halamannye karena tu simple percis dengan nomer motornye Valentino Rossi😀. Gw sering senyum aje tiap kali inget perihal tu. Gimana enggak, peraturan kampus bilang minimal skripsi tu 50 lembar. Berarti kan skripsi gw kurang empat lembar. Untung Tuhan masih sayang ma gw.

Nah, gw juga punya masalah ‘mengorganisir tulisan’. Kadang gw harus banyak belajar menyambung dan menyelaraskan ide dari paragraf satu ke paragraf setelahnya. Dan juga gw kurang bisa mengembangkan outline-outline dari kerangka pikir. Walhasil, kadang apa yang udah gw tulis di paragraf B taunya ketulis ulang di paragraf D. Nah pas gw selesei nulis, baca dari awal paragraf A, kadang ada yang overlopping gitu, kok ide di paragraf B ada juga di paragraf laen. Akhirnya bingung ndiri, brusaha wat mahamin tulisan sendiri..

Anyway gw tau ini yang namanya permulaan. And every beginning is difficult. Just keep moving. Gw pengen berusaha wat nyisihin waktu lima sampe lima bwlas menit tiap hari wat nulis, entah di laptop ato di atas kertas. itung-itung melatih jari ato bilang aje senam jari. Dengan harapan ya pastinya kemampuan menulis gw bisa lebih baek lah😀. Okeey gitu aje dulu curcol malem nie..NIght.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: